Jumat, 05 Maret 2010

Tips Agar Tidak Kecanduan Game Online

akhir- akhir ini, banyak klien anak-anak dan remaja yang datang ke biro konsultasi psikologi punya masalah kecanduan game online. banyak orang tua dan guru kebingungan dengan masalah ini. selain mereka tidak punya wawasan yang cukup tentang game online (jaman mereka game online belum trend), mereka juga tidak menyadari bahaya kecanduan game online (taunya anak mereka sedang main dengan barang canggih, komputer, dan tidak tawuran atau apa gitu) , yang mereka tau pada akhirnya anak mereka sudah suka bolos sekolah, bohong dengan masalah keuangan, menutupi kecanduan game onlinenya, males main di luar, tidak mau belajar, dan lain-lain.

kecanduan game online ini nyata-nyata dikategorikan sebagai addiction meskipun dari kriteria diagnostik masih dipakai pathologic gambling sebagai acuan diagnosa, karena dua-duanya simtomnya serupa.

dimanapun & bagaimanapun anak tidak bisa disalahkan. mengapa anak bisa kecanduan game online? system apa yang bisa bikin game online jadi endemi alias kecanduan?

ada beberapa tips agar anda tidak kecanduan game online

  1. bermainlah sekerarnya saja, bila merasa keasikan saat bermain ingatlah bahwa anda punya tugas dan tanggung jawab terhadap pekerjaan anda baik sebagai pekerja ataupun sebagai pelajar.
  2. ingatlah selalu dengan tugas tugas anda yang lainnya dan anda harus tau bahwa anda harus aktualisasi diri anda agar tidak hanya terfokus kepada permainan saja.
  3. bagi anda yang beragama islam ingat lah selalu solat 5 waktu.
  4. variasikan hidup anda dengan berbagai macam kegiatan agar tidak monoton.
  5. anda harus alihkan kebiasaan anda itu dengan kegiatan lain yang lebih bermanfaat.
  6. bersikaplah lebih bijak dan dewasa terhadap diri anda dan sekitar anda.
sekian tips dari saya semoga bermanfaat bagi anda semua agar tidak kecanduan game online.

0 komentar :