Kamis, 25 Maret 2010

Memilih Kue Pernikahan

Salah satu menu yang tak terlupakan dalam pesta perkawinan adalah kue pernikahan. Saat ini kreasi kue pernikahan begitu bervariasi dalam hal model, cita rasa dan ukuran. Pilihan tepat dalam memilih kue pernikahan akan memberikan nuansa khusus untuk pesta perkawinan yang diselenggarakan.

Upacara Pemotongan Kue
Salah satu tradisi yang masih berlaku hingga sekarang dalam sebuah upacara perkawinan adalah upacara pemotongan kue pernikahan. Pemotongan kue melambangkan keputusan bersama yang pertama kali diambil pasangan pengantin di awal pernikahan/perkawinan mereka.
Upacara dilanjutkan dengan saling menyuapkan potongan pertama kue tersebut sebagai perlambang komitmen kepercayaan dan kepedulian terhadap pasangan satu sama lain.
Menentukan jenis cake / kue yang sesuai untuk sebuah pesta perkawinan, selain factor tradisi, mempertimbangkan pula cita rasa, ukuran aneka cake dan unsure keindahan serta kesesuaian rancangan (estetika) dengan gaya pesta perkawinan yang diselenggarakan.

Indahnya Rancangan, Manisnya Cita Rasa
Rancangan kue pernikahan dengan tampilan indah akan semakin sempurna bila dipenuhi dengan cita rasa lezat. Rancangan kue pernikahan tersedia dalam model sederhana hingga tema tertentu. Kerumitan rancangan, teknik pembuatan dan ukuran akan mempengaruhi
harga sebuah kue pernikahan. Cita rasa khusus dapat pula mempengaruhi harga pembuatannya.
Sebelum misalnya ke toko cake / tempat jual cake atau pemesanan untuk menentukan pilihan kue pernikahan yang sesuai dengan gaya pesta perkawinan, beberapa hal perlu dipertimbangkan agar sesuai dengan anggaran yang disediakan.

Sesuaikan ukuran kue pernikahan dengan kebutuhan
Kue pernikahan dapat berfungsi sebagai salah satu pilihan menu penutup dari rangkaian sajian dalam sebuah pesta perkawinan. Untuk itu perhitungkan jumlah tamu undangan yang perlu disuguhi, jenis dan jumlah sajian menu utama.

Sederhanakan rancangan kue pernikahan
Ketika ke toko kue / cake shop / toko cake mungkin kitsa bisa mendapatkan informasi. Lokasi resepsi turut mempengaruhi pilihan model rancangan kue pernikahan. Sesuaikan kue pernikahan dengan spesifikasi ruangan pesta, diantaranya dekorasi, tinggi, temperatur, tata cahaya, serta warna ruangan secara keseluruhan. Diperlukan koordinasi antara pembuat kue dengan jasa katering, dekorasi, penata bunga, pengelola ruangan dalam merencanakan kreasi kue pernikahan serta pengantarannya.

Teknik penggunaan Styrofoam dengan kreasi khusus dapat dipilih dalam menekan biaya perancangan. Pemilihan aksesoris kue pernikahan dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti bunga liar yang tumbuh bebas, adalah alternatif memperindah rancangan kue pernikahan.

Lakukan pemesanan lebih awal
Harga bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan sebuah kue pernikahan peka terhadap perubahan harga. Lakukan pemesanan mungkin ke toko kue / cake shop lebih awal untuk menghindari kenaikan harga yang mempengaruhi kenaikan harga kue secara keseluruhan.
Pemilihan rancangan aneka cake serta jenis cake dengan tema khusus memerlukan pemesanan lebih awal, sekitar tiga hingga empat bulan sebelum hari H. pemesanan pada pembuat kue yang popular atau memilih hari perkawinan pada “musim kawin”, juga memerlukan waktu pemesanan lebih awal.

Layaknya gaun pengantin, kue pernikahan memiliki makna khusus dalam sebuah acara pesta perkawinan. Saat pisau dalam genggaman berdua mulai mengiris perlahan, sensai emosi kebahagiaan memenuhi perasaan kedua mempelai, keluarga, kerabat dan undangan. Upacara pemotongan kue pernikahan mengawali babak kebahagiaan dalam kehidupan berumah tangga.

sumber: http://www.kandadindasouvenir.com

0 komentar :