Selasa, 09 Maret 2010

Seputar Tentang Pentas Seni

Pentas seni yang dulu biasanya diadakan di sekolah kadang dianggap cuma acara lokal ecek-ecek. Padahal, pentas seni tersebut terbukti bisa jadi bekal ajang latihan kemampuan dan mental bagi sejumlah musikus yang kini sudah punya nama. Misalnya saja grup band Jikustik dan Sheila on 7. Nah, forFIRLS sengaja datang ke kota tempat tinggal mereka, Yogyakarta, untuk mendengar langsung pengalaman mereka dulu saat tampil di pensi.

Bukan Lagi Acara Lokal

Pentas seni (Pensi) kini tak lagi jadi acara lokal yang minus sponsor dan cuma menampilkan band ala kadarnya untuk menandai acara tutup tahun atau ultah sekolah. Di beberapa tahun terakhir, pensi mendadak berubah jadi pertunjukan komersil yang ramai dibanjiri penonton.

Bagaimana tidak..., Dengan penggarapan acara yang jauh lebih serius, sejumlah pensi sekolah berhasil menggaet sponsor besar dan menampilkan bintang tamu grup musik kondang. Sebut saja Pensi yang diadakan SMU di Bandung, serta beberapa SMU di Jakarta.

Pensi yang diadakan sejumlah sekolah tersebut dalam beberapa tahun terakhir bisa dibilang sukses besar. Baik berupa festival band maupun pentas musik.Padahal dulu, pensi yang diadakan sekolah-sekolah sifatnya cuma untuk kalangan dalam saja, alias murid setempat. Bahkan kadang pensi terpaksa diadakan untuk memenuhi agenda acara sekolah. Akhir-akhir ini pensi tak lagi hanya digelar di aula atau halaman sekolah, melainkan di stadion besar.

Pentas seni memang identik dengan seni musik karena pentas seni adalah ajang untuk menunjukan bakat yang dapat langsung di lihat dan menghibur penonton biasanya pentas seni, menghadirkan acara musik live (band), lawak, baca puisi, sulap, drama singkat dll yang langsung dapat di nikmati para penonton tanpa proses yang lama dan panjang agar penonton terhibur hal tersebut bisa di sebut karya seni yang expresif atau bisa si sebut juga spontanitas.

0 komentar :