Rabu, 30 Juni 2010

Teknologi dan Jaringan Internet


Kemajuan teknologi jejaring digital dengan semakin cepatnya akses ke berbagai informasi serta meningkatnya pita lebar memerlukan berbagai pengaturan dan diarahkan untuk memastikan bahwa informasi yang diinginkan pengguna akan tercapai dengan cepat dan terlindung secara aman.

Mikrotik sekarang menjadi produk populer yang digunakan oleh warnet maupun perusahaan jasa penyedia akses internet skala kecil, menengah, dan besar karena keandalannya dalam mengatur dan mengolah sistem jaringan intenet yang rumit, termasuk dalam kapasitas besar.

Kualitas jaringan

Di Mikrotik Indonesia (www.mikrotik.co.id), produk router yang berkembang tidak hanya sebatas sistem operasi, tapi juga diperkenalkan berbagai ragam produk menarik, seperti RB 750, RB 433 UAH, dan RB 450 G yang memiliki kapasitas menampung jaringan gigabit serta berbagai produk jaringan nirkabel untuk keperluan luar ruang menghubungkan titik-titik yang tidak terjangkau oleh sistem jejaring internet sebagai end of miles.

Penggunaan router di era kecepatan tinggi pita lebar memang menjadi penting sehingga kualitas jaringan, efektivitas memakai jaringan, dan lainnya bisa dikelola dan dimanfaatkan secara menyenangkan. Dan, pada saat jaringan kecepatan tinggi ini mencapai berbagai rumah, router akan menjadi perangkat yang setara dengan perabot rumah lain karena pengguna akses Jaringan Internet di rumah pun bertambah sesuai dengan jumlah anggota keluarga.

Dan, solusi yang ditawarkan Mikrotik menjadi menarik, seperti Routerboard RB750, yang memiliki lima port Ethernet yang mandiri. Berbeda dengan router lainnya, pada produk RB750 bisa bebas menentukan fungsi masing-masing port. Misalnya, port 1 untuk akses ke internet dan port 2 hingga 5 ke jaringan lokal, atau menetapkan berbagai port tersebut mengakses internet melalui ISP yang berbeda-beda, dan lainnya.

Software pada RB750 ini adalah RouterOS Mikrotik yang memiliki berbagai fitur, mulai dari static route, policy route, dynamic routing (rip, ospf, bgp), firewall, hotspot gateway, bandwidth management, serta berbagai macam sistem tunnel dan otentikasi (ppp, pptp, pppoe, eoip, ipip, ipsec, l2tp, mpls, openvpn). Produk ini juga sudah siap untuk diimplementasikan menggunakan ip versi 6.

Ada berbagai fungsi khusus yang biasanya hanya terdapat pada router-router kelas enterprise, misalnya BGP, Layer 7 filtering, MPLS. Hal ini memungkinkan penggunaan router melakukan fungsi-fungsi jejaring digital yang kaya dan beragam.

Salah satu fitur lainnya adalah bandwidth management yang tidak hanya berarti melakukan limitasi terhadap host tertentu, tetapi juga bagaimana melakukan pengaturan supaya bandwidth yang tersedia dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin secara fair oleh semua host yang ada. Hal ini bisa dilakukan dengan menerapkan limitasi, sistem burst, grouping dan hierarki, serta mengatur prioritas trafik. (rlp)

cetak.kompas.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia

0 komentar :