Jumat, 20 Agustus 2010

Mengolongkan Buku Dan Majalah Di Rumah




banyak dari kita berlangganan satu majalah mingguan. Kadang-kadang ada pula yang  membeli majalah atau tabloid lain ketika sedang ke toko buku atau tempat lain. Ada pula koleksi komik-komik bayak jumlahnya.

Selama ini, buku & majalah tersebut disimpan di sebuah lemari besar dalam rumah dan hanya menambah penuh sesak isi rumah.

Sebenarnya ada beberapa langkah mudah untuk menata rumah dari kepungan buku & majalah.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan waktu luang. Merapikan lemari buku & majalah bisa menghabiskan waktu setengah jam hingga berjam-jam, tergantung dari jumlah majalah dan buku yang ada. Apabila koleksi majalah dan buku cukup banyak, bisa dilakukan secara bertahap.
  
2. Siapkan tempat penampungan sementara. Saya menyiapkan beberapa buah dus bekas dan saya beri label pada setiap dus tersebut. Sebagian dus saya beri label ‘Maybe‘ untuk buku & majalah yang mungkin masih ingin saya baca atau simpan dan sebagian lain saya beri label ‘Toss‘, yaitu untuk yang akan saya lepas – tidak akan saya simpan lagi.
  
3. Mulai menyortir. Saya keluarkan buku & majalah dari tempatnya lalu kelompokkan dalam kategori yang sudah disiapkan. Hampir 100% majalah tidak akan saya simpan lagi sehingga langsung saya kategorikan sebagai ‘Toss‘. Jenis majalah tertentu yang cukup banyak jumlahnya (karena berlangganan), saya tumpuk jadi satu dan saya ikat dengan tali rafia. Saya pikir ini akan memudahkan apabila nanti ingin disumbangkan atau diberikan ke perpustakaan, misalnya. Beberapa judul buku, saya masukkan dalam kategori ‘Maybe‘ karena saya mungkin tak akan pernah membacanya lagi tapi saya masih ragu untuk menempatkannya dalam kelompok ‘Toss‘. Tapi ada juga buku atau majalah masih akan disimpan atau dibaca. Nah, kelompok ini nanti akan masuk ke dalam lemari lagi.
  
4. Bersihkan rak buku & majalah. Setelah semua majalah dan buku dikeluarkan dan dikelompokkan, saya bersihkan lemari atau rak buku & majalah dengan lap basah dan kering.
  
5. Bereskan. Saya masukkan kembali beberapa buku & majalah yang tidak masuk kategori ‘Maybe‘ maupun ‘Toss‘. Sedangkan untuk yang masuk kedua kategori tadi, saya rapikan kembali penyusunannya dan diikat dengan tali rafia. Lalu, saya simpan di gudang.
  
6. Nikmati. Sekarang lemari buku & majalah terlihat lebih lega dan bersih. Hanya ada beberapa buah buku & majalah saja yang tertinggal di lemari itu – termasuk beberapa buku yang belum pernah saya baca sejak dibeli.

Merapikan lemari buku & majalah seperti ini perlu dilakukan secara reguler, terutama kalau kita juga rutin membeli buku & majalah. Tapi, yang jelas setelah lemari buku & majalah dirapikan dan dibersihkan, pikiran dan hati pun menjadi lebih lega dan senang



http://www.lintasberita.com/
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

0 komentar :