Senin, 27 September 2010

Pijat Refleksi Pada Ibu Hamil




Pijat Refleksi atau Refleksiologi merupakan seni penyembuhan yang tidak invasif yang bertujuan mengembalikan keseimbangan tubuh dan mempertahankan kesehatan tubuh. Bagi wanita hamil, Pijat Refleksi bisa membantu mengurangi ketegangan dan memberikan relaksasi yang diperlukan selama kehamilan. Obyek pijat utamanya adalah telapak kaki dan tangan, lebih tepatnya titik-titik refleksi (pressure points).

Mulai Dari kelelahan sampai morning sickness. Ibu hamil mana yang tak mengeluh penat pada bagian tungkai dan kaki? Selain itu, beberapa pakar menemukan, pijat refleksi terbukti meringkankan keluhan ibu hamil di tiap trimester seperti:

* Pada Trimester pertama. Rasa mual dan muntah ibu hamil di trimester awal dapat diringankan atau bahkan diatasi dengan melakukan terapi pijat refleksiologi. Sebab, dapat mengembalikan keseimbangan tubuh, mengatasi kelelahan dan mencegah morning sickness calon ibu.

* Dalam Trimester kedua. Melakukan Pijat Refleksi secara rutin mengoptimalkan kesehatan ibu hamil. Bahkan, di setiap minggu, terapis dapat memberikan program pijat refleksiologi dengan penekanan yang berbeda. Berikut manfaatnya untuk setiap minggu kehamilan di bawah ini:

Minggu ke-13 – 14: relaksasi dan mengatur fungsi kelenjar tiroid. 
Minggu ke-15: mengatasi kelelahan area panggul, melancarkan sirkulasi darah serta metabolisme tubuh.
Minggu ke-18: memperkuat saraf tulang belakang dan area panggul.
Minggu ke-20: memperkuat imunitas dan memelihara keseimbangan fungsi-fungsi tubuh ibu secara menyeluruh.
Minggu ke-24: memperkuat fungsi kelenjar pankreas dan memelihara keseimbangan hormonal bahkan mencegah diabetes gestasional (diabetes yang hanya terjadi selama hamil)
Minggu ke-26: memeliihara keseimbangan kerja dan fungsi kelenjar pankreas, usus dan kelenjar tiroid.

* Tahap Trimester ketiga. Mempersiapkan ibu dan janin untuk siap menghadapi proses persalinan. Jika posisi janin sungsang,  Pijat Refleksi dapat merangsang janin berputar dan masuk jalan lahir. Pijat Refleksi yang rutin dan tepat juga mendukung aliran oksigen dan nutrisi lebih lancar untuk ibu dan janin.

* Setelah Melahirkan

    * Membantu rahim lebih cepat kembali ke ukuran normalnya
    * Membuat payudara tidak terlalu membengkak
    * Membantu proses laktasi
    * Depresi paska melahirkan juga jarang ditemui pada ibu yang melakukan pijat refleksi

Hal yang perlu diperhatikan

    * Beritahu ahli refleksiologi mengenai kondisi Anda yang tengah hamil sebelum Anda melakukan terapi. Pastikan Anda ditangani oleh ahli yang berpengalaman melakukan pijat refleksi pada wanita hamil.
    * Bila Anda khawatir dengan kondisi janin, sebaiknya lakukan refleksiologi setelah memasuki trimester kedua saat janin sudah melekat mantap di rahim
    * Bila Anda menderita diabetes, ahli refleksiologi Kevin Kunz, ahli refleksiologi yang mendalami refleksiologi untuk ibu hamil selama 25 tahun, menyarankan Anda melakukan pemeriksaan kagar gula darah sebelum dan sesudah terapi untuk memantau kerja sistem endokrin dan produksi insulin. Pemantauan membantu clon ibu memastikan kondisi tubuhnya terjaga keseimbangannya. 
    * Harus melakukannya pada terapis yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi untuk menangani ibu hamil.

sumber: www.ayahbunda.co.id
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

0 komentar :