Rabu, 13 Oktober 2010

Cara Persiapan Nikah Calon Pasutri

Persiapan nikah bagi pasangan yang ingin menikah adalah hal penting, bila pasangan yang sudah siap menikah tidak mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang maka, kehidupan rumah tangga mereka akan banyak problem yang akan mereka hadapi dan kesemuanya itu membutuhkan persiapan seperti:

1. Persiapan mental

2. Persiapan keilmuan

3. Persiapan fisik

4. Persiapan finansial

Keempat persiapan pernikahan tersebut penting bagi Anda, sebelum memasuki jenjang pernikahan. Anda tidak bisa meremehkannya. Anda harus mempersiapkan mental atau psikologis Anda secara matang. Ingat, pasangan Anda akan memiliki berbagai karakter yang berbeda dengan diri Anda. Karenanya, Anda harus siap menerima ‘perbedaan’ pasangan Anda. Tidak ada salahnya Anda membaca buku-buku psikologi, untuk memahami perbedaan sifat laki-laki dan perempuan. Anda juga bisa melakukan diskusi dengan saudara atau teman yang sudah terlebih dahulu menjalani mahligai rumah tangga. Mintalah saran kepada mereka, terkait dengan masalah ini.

Persiapan pernikahan yang satu ini tidak kalah penting. Ya, masalah keilmuan. Anda perlu banyak membaca buku seputar kehidupan rumah tangga, bagaimana mengatur masalah keuangan, bagaimana pola hidup sehat, bagaimana merawat rumah dan bayi, apa saja kewajiban suami istri, dan sebagainya. Anda tidak bisa mengandalkan belajar sambil berjalan, tanpa membekali diri sama sekali. Khawatirnya, hal remeh yang seharusnya bisa Anda selesaikan sendiri, akan semakin rumit dengan selalu meminta tolong pihak ketiga dalam menyelesaikan problem pernikahan Anda kelak.

Masalah fisik juga tidak bisa dianggap sebelah mata. Meski ada yang mengatakan bahwa setiap lelaki dan perempuan dewasa pasti sudah siap untuk menjalankan kehidupan rumah tangga, nyatanya tidak demikian. Kesehatan fisik sangat penting sebagai unsur persiapan pernikahan yang tidak boleh dilewatkan, utamanya bagi perempuan. Kecukupan gizi untuk kehamilan, hendaknya diperhatikan dan dijaga jauh sebelum melangsungkan pernikahan. Dengan demikian, akan terlahir bayi yang sehat dari rahimnya.

Persiapan pernikahan terakhir adalah masalah finansial. Kita tidak mungkin mengandalkan orang lain untuk menutupi biaya pernikahan, maupun kehidupan Anda dan pasangan selanjutnya. Karenanya, Anda harus realistis dalam mempersiapkan pesta yang akan Anda buat. Sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Anda tidak perlu berhutang sana-sini hanya untuk memenuhi ego Anda. Alangkah lebih baik jika Anda menggunakan anggaran pesta pora meriah, untuk modal usaha yang menjamin keberlangsungan rumah tangga Anda kedepan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda agar anda siap menjalani biduk rumah tangga dengan pasangan anda.

sumber: wayantulus.com

Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

0 komentar :