Selasa, 12 Oktober 2010

Tips Menjadikan Kucing Anda Juara Lomba



Dalam Mengikuti kontes atau lomba kucing, ada banyak kelas lomba kucing yang bisa diikuti, diselenggarakan oleh berbagai pihak. Yang pasti, apa pun lomba kucing, persiapkan dulu kucingnya. Sebab, ketidakmengertian dan ketidaksiapan peserta dalam mempersiapkan kucingnya seringkali  menimbulkan masalah.

Yang perlu diperhatikan

Kesehatan. Kucing yang ikut lomba kucing harus sehat, tidak menderita penyakit menular, tidak berkutu, tidak berjamur, dan penyakit kulit lain. Tidak sedang hamil atau menyusui, tidak buta atau juling, dan tak menampakkan tanda-tanda sakit. Berikan vaksinasi lengkap pada kucing seminggu sebelum hari lomba kucing. Biasanya, penyelenggara lomba akan meminta buku bukti vaksinasi dari dokter hewan.

Kebersihan. Faktor ini sama pentingnya dengan kesehatan, agar kucing tampil cantik. Terutama pada bulu telinga, mata, dan kuku. Jangan sampai ada bintik atau bercak noda pada bulu, khususnya di sekitar anus. Mandikan kucing dan dandani sebelum lomba kucing. Namun, hindarilah penggunaan kosmetik seperti pemakaian bedak berlebih, pengecatan rambut, dan pengeritingan.

Tingkat stres. Kucing Rentan akan strez. Kucing yang strez bisa menggigit dan mencakar juri, keluar arena perlombaan, bahkan mati mendadak. tentunya akan mempengaruhi penilaian. Untuk kucing, lomba kucing adalah lingkungan dan situasi yang baru, yang membuatnya merasa kurang nyaman. Bila situasi ini ditambah lagi dengan ramainya penonton yang juga berusaha memegangnya, kucing bisa semakin stres dan penampilannya akan jadi buruk. Ada baiknya letakkan kucing dalam tempat yang agak tersembunyi. Lalu, secara perlahan sesuaikan dengan suasana lomba kucing, misalnya keluarkan kucing sambil dipangku dan dielus.

Atur waktu. "Di CFI, pengadaan lomba kucing tergantung animo wilayah untuk standar show regional. Biasanya pada tingkat nasional diadakan sebanyak dua kali setahun di Jakarta atau Bogor, sementara pada tingkat internasional sekali setahun," demikian Yulian Susanty. Sedangkan, menurut Russy, ICA mengadakan lomba di setiap cabang. Dalam setahun, ada empat lomba tingkat internasional, dan lebih banyak lomba di tingkat nasional. Maka, pastikan dulu kucing kita akan ikut yang mana. Hubungi organisasi kucing yang biasa menyelenggarakan lomba. Sehingga kita punya cukup waktu untuk mempersiapkan "sang juara".

Kriteria penilaian. Penilaian untuk kucing jenis pedigree (ras) tergantung pada standar masing-masing ras. Untuk house cat (non-pedigree), yang dinilai adalah kesehatan, kebersihan, performance, dan tabiat si kucing. Biasanya kucing yang dilombakan berusia 4 bulan ke atas. Khusus kucing jantan berusia di atas 10 bulan, pastikan tidak terdapat kelainan testikular dan hernia. Indonesia masih menggunakan kriteria lomba Eropa. Misalnya, bentuk kepala yang proporsional, bentuk kuping seperti ras Persia yang harus panjang dan menghadap ke bawah, hidung pesek, serta rahang atas dan bawah rapat.

sumbar: female.kompas.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

0 komentar :