Senin, 13 Desember 2010

Tips Dalam Berbisnis Catering

Berbisnis catering memang sangat menguntungkan bila anda tekuni, bisnis ini membutuhkan skill yang baik dalam memasak dan pengetahuan tentang gizi yang baik karena bisnis ini mengandalkan rasa dan nilai gizi dari makanan yang anda buat jadi bila pelanggan tak suka akan catering anda tak akan diminati oleh pelanggan lagi, berikut ini ada beberapa tips untuk anda dalam memulai usaha catering:

1. Jika Anda menikmati kegiatan memasak, serta perencanaan menu, Anda mungkin mulai berpikir tentang sebuah usaha katering. Ada banyak peluang yang mungkin dapat ditangkap, seperti sebuah pernikahan, sebuah pesta wisuda, atau ulang tahun. Banyak perusahaan juga menggunakan katering khusus untuk pesta liburan khusus atau aktivitas lainnya. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum anda mulai.

2. Pastikan untuk menghubungi pihak-pihak berwenang untuk melihat persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha katering. Anda mungkin perlu izin, inspeksi, lisensi, dan asuransi. Beberapa hal ini mungkin bisa agak costly, tapi sekali Anda telah menerima surat, maka kesenangan segera Anda dapat dapatkan.

3. Tentukanlah, apakah Anda memerlukan ruang kerja lain selain rumah tinggal Anda. Jika Anda berencana untuk menyediakan katering untuk acara-acara besar, Anda bisa mencari dapur yang luas untuk Anda sewa. Sebaliknya, kalau Anda bermaksud mengembangkan usaha secara bertahap, Anda bisa memulainya di rumah Anda, dan ketika bisnis sudah semakin berkembang, Anda baru meningkatkan pada faktor lokasinya.

4. Tentukan jenis makanan apa yang ingin Anda tawarkan. Sebaiknya Anda memiliki menu unggulan, atau setidaknya menu unik yang merupakan gabungan menu-menu kesukaan Anda.

5. Anda memiliki menu unggulan, atau setidaknya menu unik yang merupakan gabungan menu-menu kesukaan Anda.Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk mengambil beberapa kelas guna membantu Anda mahir menguasai beberapa teknik hidangan unik. Ini benar-benar dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan dan percaya diri Anda. Selain itu, ketika ditanyakan, Anda dapat menjawab bahwa Anda telah mengambil kelas memasak, Hal ini bisa membuat calon pelanggan merasa nyaman dengan kemampuan Anda.

6. Anda akan membutuhkan beberapa piring saji, gelas, serbet dan banyak item lainnya. Selain tiu Anda juga membutuhkan fasilitas untuk mengangkut semua peranangkat perlengkapan tersebut ke lokasi acara tentunya. Hal ini mungkin merupakan modal terbesar yang harus Anda keluarkan dalam bisnis catering ini.

7. Iklan terbaik adalah dari mulut ke mulut (mouth-to-mouth campaign). Jika Anda baru saja menyelesaikan layanan Anda kepada salah seorang customer, minta kepadanya referensi.

8. Halaman kuning atau brosur juga baik untuk iklan. Radio dan televisi dapat dengan cepat membangun bisnis Anda, namun agak mahal. Namun, hal ini pasti salah satu pilihan jika Anda memiliki anggaran periklanan

9. Di atas semua hal tersebut, pastikan kualitas makanan Anda baik dan lezat. Karena Anda akan mendapatkan lebih banyak laba dari usaha ini berdasarkan atas satu item penting ini.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untyuk anda dalam memulai bisnis katering.

Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

0 komentar :