Jumat, 03 Juni 2011

Langkah Memfoto Saat Liburan

Buat anda yang sedang menikmati liburan tentunya anda tak ingin menghilangkan momen berharga bersama keluarga, teman, atau pun kekasih anda bukan!, mengabadikan momen saat liburan memang penting karena itu dapat menjadi kenagan berharga anda suatu hari nant, berikut ini ada beberapa tips untuk anda memotret momen liburan anda:

1. Pertama yang perlu diperhatikan adalah perlengkapan yang akan dibawa. pastikan anda telah membawa memory yang berkapasitas besar, kan memory sekarang murah?

Selanjutnya adalah baterai. ini sangat penting karena kalau di tengah-tengah acara baterai habis kan bisa brabe? gak berfungsi donk kameranya? apalagi kalau memorynya besar, cepat banget habisnya.

2. Di sini teman-teman saya asumsikan mengguaka kamera digital atau kamera ponsel yang lebih ringa dan ringkas. Untuk unsur pencahayaan biasanya sudah ada pengaturan otomatis, jadi kita gak perlu repot ngoprek.

3. Untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal sebaiknya lakukan shot (pengambilan gambar) dengan melakukan pendekatan obyek sebanyak dua atau tiga kali. yang dimaksud dengan pengambilan banyak adalah nanti kita bisa memilih yang terbaik. Saat mengambil gambar keluarga tau teman teman , sebagian besar orang menampilkan full body, atau menempatkan lengan dan kepala dalam satu shot. malahan ada yang mengambil shot pada wajah saja. hal ini dilakukan ntuk mengurangi kekacauan pada subyek utama.

4. Sebagian besar kamera yang di jual di pasaran saat ini selalu menawarkan kapabilitas 3x optical zoom dan digital zoom. Sebisa mungkin gunakan saja optical zoom untuk pengambilan gambar. Bila anda memotret dengan ponsel, jangan paksakan dengan digital zoom, karena hasilnya pasti menurun.

5. Penempatan subyek dala frame juga sangat penting. Tidak semua obyek patut diambil di tengah frame, tapi diletakkan disudut frame. ini untuk mengambil ke indahan backgroundnya.

6. Manfaatkan ekspresi natural, yag biasanya serig didapat tanpa disadari obyek yang mempunyai pose tersebut, karena obyek tidak melakukan pose terlebih dahulu.

7.Jangan sayang (ojo eman) untuk menjepret obyek-obyek di tempat aneh atau di jalan karena mugkin banyak hal yang kita dapat dari keanehanya.

8. Gunakan timer atau pengatur waktu potret untuk mengambil foto bareng bareng karena kalau minta bantuan orang kan belum tentu bisa maksimal atau juga merepotkan orang lain?

Bila perlu di video-in saat liburan anda agar lebih keren lagi, dengan gambar yang bergerak, dan bila ada kekurangan saat pengambilan gambarnya anda tinggal mengeditnya saja dengan cara video editing, lebih mudah bukan ?, Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda dalam memfoto saat liburan.

0 komentar :