Kamis, 08 November 2012

Desain Teras Rumah




Teras rumah adalah tempat untuk bersantai atau untuk menerima tamu oleh karena itu perlu desain yang bagus dan beri kesan yang sejuk, teduh serta indah, berikut ada beberapa tips untuk mendesain teras rumah:

Pemilihan Material Untuk Lantai
Karena teras atau beranda adalah area semi terbuka dan berada diluar rumah (semi outdor), maka pemilihan jenis materialnya disesuaikan dengan sifat areanya. Untuk area terbuka dan semi outdoor, sebaiknya menggunakan material yang teksturnya lebih kasar. Untuk lantai teras atau beranda, hindari penggunaan material yang licin dan berpori kecil seperti keramik untuk ruang didalam rumah. Gunakan terasso atau keramik berpori besar seperti yang biasa anda gunakan untuk kamar mandi. Terasso atau keramik berpori besar juga punya keuntungan lain, yaitu: mampu membuang air lebih cepat, sehingga ketika terkena air hujan lantainya tidak terlalu licin.

Anda juga bisa menggunakan batu alam untuk lantai teras atau beranda dirumah, pastikan batu alam untuk lantai telah diberi coating untuk menghindari air memasuki pori-porinya. Batu alam yang telah diberi lapisan kedap air juga akan menghindari lumut menempel pada lantai tersebut.

Pemilihan Material Untuk Dinding
Setelah selesai dengan pemilihan material untuk lantai teras atau beranda, hal lain yang harus anda perhatikan adalah pemilihan material dan pola-pola dekoratif untuk dinding teras atau beranda anda. Untuk bagian dinding teras atau beranda rumah, anda bisa menggunakan beragam material atau mengkombinasikan berbagai material untuk membentuk satu kesatuan bidang dekoratif bernilai estetika tinggi. Sebagai contoh, anda bisa menggunakan bata yang diekspose, kayu solid dengan berbagai pola (vertical, horizontal, maupun diagonal), batu alam (batu paras, batu candi, marmer, koral, granit, andesit, dsb).

Pemilihan Material Untuk Langit-Langit
Untuk bidang langit-langit diarea teras atau beranda rumah anda, coba pertimbangkan material-material alami seperti kayu, rotan, bambu atau anyaman dari kulit rotan dan anyaman bambu. Untuk mempercantik langit-langit diarea teras rumah anda, tidak harus mengeluarkan uang yang banyak dengan membeli material yang mahal.

Anda bisa menggunakan sisa-sisa potongan palet dari kayu jati belanda. Biasanya kayu ini dipakai untuk packaging. Anda bisa membelinya dengan harga murah dan menatanya sedemikian rupa untuk menghasilkan tampilan yang menarik dibagian langit-langit. Untuk menambah cantik tampilannya, lapisi kayu tersebut dengan pelitur atau varnish.

Penggunaan unsur-unsur alami seperti kayu atau bambu tentu akan membuat teras atau beranda rumah anda tampil lebih artistik dibanding jika langit-langitnya hanya menggunakan bahan konvensional seperty beton ekspose, gypsum atau multiplex.

Pemilihan Perabot Pengisi Teras atau Beranda
Untuk perabot pengisi sekaligus penghias teras atau beranda rumah anda, harus dibedakan dengan perabotan pengisi interior. Untuk perabot (furnishings) pengisi interior ruangan kebanyakan dari anda pasti akan memilih perabot dengan finishing maupun tekstur yang halus. Hal ini dilakukan karena daya tarik dari perabot interior terletak pada tingkat kehalusan tekstur maupun finishingnya. Sementara untuk perabot diarea semi outdoor seperti teras atau beranda, anda tidak membutuhkan perabot yang terlalu halus. Yang anda butuhkan adalah perabot dengan tingkat kekuatan dan daya tahan terhadap cuaca yang tinggi.

Pilih perabot pengisi teras atau beranda yang berbahan dasar logam, kayu solid, rotan, bambu, atau gerabah karena produk dari bahan tersebut kuat terhadap perubahan cuaca diluar ruangan. Demikian tipsnya dalam mendesain teras rumah, temukan onfo menarik tentang interior ruang keluarga

0 komentar :