Kamis, 01 November 2012

Perawatan Lantai Kayu



Lantai kayu memang memberi kesan hangat pada ruangan bila anda tidur diatas lantai kayu maka anda tidak akan kedinginan, namun bagaimana cara merawat lantai kayu agar tidak rusak ?, simak tips berikut:

1. Biasakan menyapu lantai parket (parquet) Anda rutin setiap hari agar debu tidak bertumpuk pada permukaan parket (parquet). Pakailah sapu berbulu lembut atau penyedot debu (vacuum cleaner) untuk membersihkan dan lanjutkan dengan lap kering untuk mengangkat sisa-sisa debu.

2. Mengingat bahan utama lantai parket (parquet) terbuat dari kayu, maka musuh utamanya adalah kelembaban. Disarankan merawat lantai parket (parquet) dengan penyedot debu atau sapu saja. Jangan pernah mengepel lantai parket (parquet) karena genangan air yang terkurung di lapisan plywood bisa melapukkan kayu. Selain itu, dengan meningkatnya kelembaban pada parket (parquet) dapat menimbulkan perbedaan tekanan yang drastis. Akibatnya sendi parket (parquet) bisa lepas dan kalau diinjak lantai akan berbunyi atau berderik.

3. Meski banyak produk lantai parket (parquet) yang menjanjikan tahan gores dan tak bisa dirembesi air, lebih baik hindari penggunaan air pada lantai parket (parquet) untuk menjaga keawetannya. Jangan sampai air merembes ke dalam pori-pori parket karena akan membuatnya terkelupas.

4. Jika lantai parket (parquet) Anda terkena noda makanan atau minuman, segera angkat kotorannya dengan tisu atau lap kering. Lalu gunakan cairan khusus pembersih kayu parket (parquet) untuk membersihkan lapisan permukaannya.

5. Agar tidak menimbulkan goresan atau cacat pada permukaan lantai parket (parquet), Anda harus berhati-hati ketika memindahkan barang. Sebaiknya barang diangkat dan alas furnitur dilapisi karet agar tidak menimbulkan bekas goresan pada lantai. Alas kaki atau sepatu yang digunakan juga sebaiknya tidak tajam dan keras. Hindari memindahkan perabot atau furniture dengan cara mendorongnya diatas lapisan parket (parquet), karena cara ini sangat berpotensi merusak lapisan parket (parquet) dirumah anda.

Demikian tipsnya dalam merawat lantai kayu semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda temukan info menarik tentang gambar desain interior ruang tamu

0 komentar :