Rabu, 16 Januari 2013

Tempat Pensil Atau Pulpen Dari Bahan Kain

Membuat tempat pensil atau pulpen dari sebuah bahan memang cukup kreatif dan dari situ anda bisa mendaur ulang kain bekas menjadi barang yang bermanfaat, berikut beberapa tahap membuatnya:

1. buat terlebih dahulu tali dengan kain motif ukuran 8X15 cm, kemudian lipat memanjang dan semat dengan jarum. Selanjutnya jahit di kedua sisinya.
2.Untuk membuat kotak pensilnya, siapkan kain motif ukuran 28x13 cm sebanyak 2 lembar dan kain imitasi/furing dengan ukuran yang sama (2 lembar), rits dengan panjang 28 cm.
*kain furing sebaiknya yang kaku agar bentuk kotaknya terlihat bagus.
3. tumpuk kain dengan urutan: furing (bagian baik menghadap ke atas), rits (bagian baik menghadap ke atas) , kain motif (bagian baik menghadap ke bawah). Kemudian jahit.
4. balik kain dan jahit tindas pada sisi rits. Lakukan hal yang sama pada sisi kain yang lain. jahit tali pada salah satu sisi rits.Kemudian pasang tali yang yang telah dibuat tadi di salah satu sisi rits.
5. Balik kembali kain sehingga furing menghadap ke atas.  kemudian lipat sehingga sisi kain saling bertemu (rits berada di tepi), dan jahit bagian tepi kain tersebut.
6.  Tutup kampuh jahitan dengan furing agar rapi, kemudian  lipat kain sehingga rits berada di bagian tengah.Semat dengan jarum agar tidak bergeser
7.  jahit sisi kanan dan kiri tadi, kemudian tutup kampuh dengan kain furing. Kemudian pada sisi kanan dan kiri lipat pada setiap sudutnya dan beri pola segitiga dengan tinggi 2 cm. kemudian jahit pada keempat sudutnya. Dan balik.

Demikian tahap pembuatan tempat pensil dan pulpennya semoga bermanfaat untuk and temukan info menarik tentang kerajinan tangan unik



Temukan artikel terkait: Proses Membuat Tas Bahan Kain Model Serut

0 komentar :