Rabu, 26 November 2014

Fungsi Mesin Pengemas Yang Sederhana Namun Penting


Mesin Pengemas – Barang konsumsi apakah yang tak butuh kemasan? Jawabannya tidak ada, jikalau pun ada mungkin hanya industri hiburan dan jasa yang tak menggunakannya. Hampir setiap barang produksi jadi yang di jual di pasaran tentunya membutuhkan sebuah media pelindung yang biasa di sebut kemasan. Kemasan sendiri bisa tampil secara atraktif dan protektif, kesemuanya tentu tergantung dari produk apa yang di kemas dan di jual kepada konsumen.  
 
 Di indonesia sendiri yang namanya kemasan memang sangat di butuhkan dalam transaksi jual beli, tercatat hingga saat ini hanya ada industri Makanan dan Minuman yang paling besar mengkonsumsi aneka ragam jenis kemasan yang beredar di pasaran. Memang tak bisa di pungkiri jika untuk urusan mengemas makanan dan minuman, tentunya di butuhkan  material bahan kemasan yang terbaik dan sesuai dengan kualifikasi dari standar yang di terapkan oleh badan regulasi kesehatan. 

Pada dasarnya memang ada beberapa tujuan pengemasan bahan makanan dan minuman yang beredar di pasaran :

  • Untuk memudahkan pengangkutan dan distribusi.
  • Pencegahan bahan makanan dari bakteri, mikroba bahkan suhu udara yang dapat menyebabkan perubahan rasa maupun pencemaran terhadap bahan makanan atau makanan olahan tersebut.
  • Pencegahan dari uap air yang dapat menyebabkan kehilangan berat atau berubah bentuk.
  • Pencegahan dari kemungkinan kerusakan atau degradasi.
  • Memudahkan untuk membawa dan mengeluarkan yang dibutuhkan pada saatnya. Dan mengamankan sisanya dengan mengemasnya kembali.
  • Dapat memperpanjang masa simpan.
  • Disamping itu di dalam kemasan tersebut juga harus mencantumkan merek, siapa pembuatnya, mutunya, isinya dan penerangan cara penggunaaan isinya. Dan yang lebih penting harus mencantumkan kapan tanggal kadaluwarsanya dengan jelas.
 
Secara umum mesin pengemas sendiri memegang peranan penting dari sebuah kemasan, tanpa adanya mesin pengemas yang baik maka mustahil anda dapat membuat kemasan dengan standar tinggi ataupun lolos dari regulasi badan kesehatna terkait.  Dan adapun beberapa jenis bahan kemasan yang di gunakan untuk olahan terdiri dari Kertas, Gelas, Alumunium Foil, Plastik serta Kayu. Kesemua bahan tersebut tentunya tak bisa serta merta di olah dengan menggunakan mesin pengemas, tetapi anda harus membentuknya terlebih dahulu sebelum di gunakan sebagai bahan kemasan.

 

0 komentar :