Jumat, 22 Juli 2016

Resep dan Cara Membuat Roti Khubz, Roti Khas Tanah Arab

Mesin roti – Apakah anda suka roti? Pernahkah anda mendengar kata Khubz?? Ya khubz adalah nama lain dari jenis roti khas dari arab. Roti ini mempunyai bahan dasar yang di buat dari gandum dan mempunyai bentuk bundar / melingkat. Biasanya roti ini di potong dan di bentuk hampir menyerupai sudut segitiga saat akan di sajikan. Khubz di Negara asalnya biasanya di sajikan dengan makanan pendamping seperti Full (bubur kacang) dan bubur adas ( kacang adas). Nah jika anda ingin membuat Roti Khubz berikut ini saya akan berikan tips trik cara membuatnya, lengkap dengan bahan-bahan yang harus anda siapkan.


Bahan-bahan:

1 kg Tepung terigu protein tinggi
1 sdm ragi instant
1 sdm susu bubuk
1 sdm gula pasir
2 btr telur
1 sdm garam
100 gr margarin, cairkan
450 ml air es
tepung terigu untuk taburan

Cara membuat:

1.Aduk rata: Tepung terigu, ragi instant, susu bubuk, gula pasir. kemudian masukkan telur dan air sedikit-sedikit kedalam mesin roti (mixer roti)
2.Setelah tercampur, masukkan margarin cair dan garam. Uleni lagi sampai elastis.
3.Bulatkan adonan dan diamkan kurang lebih 30 menit atau sampai mengembang 2x lipatnya.
4.Kempiskan adonan kemudian timbang masing-masing 100 gr dan bulatkan. Diamkan kembali 10 menit.
5.Ambil satu bulatan adonan kemudian giling agar lebar dengan rolling pin sambil ditaburi tepung terigu. Lakukan terus sampai adonan habis. Diamkan kembali 20 menit.
6.Oven dengan suhu 180 derajat celcius menggunakan api atas dan bawah sampai matang kira-kira 10 menit.

Layaknya roti cane, roti khubz bisa juga di masak dengan menggunakan wajan Teflon datar. Tidak harus menggunakan oven karena sifat adonannya yang lebih mirip martabak, maka khubz sangat fleksibel ketika di olah. Menggunakan Teflon sendiri di percaya jauh lebih praktis dan efektif ketimbang menggunakan Mesin roti profesional karena anda bisa menyetel tingkat kematangan Khubz pada kedua bagian atas dan bawahnya. Salah satu hal yang harus anda perhatikan ketika membuat Khubz adalah jangan pernah mennumpuk adonan yang sudah di giling, karena rentan lengket. Oke semoga berguna dan selamat mencoba

0 komentar :