Kamis, 16 Desember 2010

Sepak Bola Dengan Teknologi GPS

Jika sebelumnya kami pernah membahas sebuah bola sepak pintar dari Adidas dan Cairos Technologies, yang satu ini jauh lebih pintar dan keren.

Dibuat oleh AGENT, bola sepak yang diberi nama CTRUS ini menggunakan teknologi interactive detection system, GPS dan RFID di dalamnya.

Teknologi ini memungkinkan banyak hal mulai menditeksi bola off-side sampai menditeksi "Hand of God" yang sempat menjadi "buah bibir" pada saat si Maradona mencetak gol (dengan bantuan tangan).

CTRUS juga bersifat transparan sehingga kita bisa melihat bagian dalamnya dan bisa mengeluarkan cahaya warna apabila bola di possi off-side, goal dan sebagainya.

Sensor yang ada juga mencatat seluruh kegiatan pertandingan mulai dari kecepatan dan berapa jauh bola "berlari". Oh iya, bola ini juga tidak butuh dipompa pake udara, jadi kaga bakalan kempes kayanya.

Semuanya itu bertujuan untuk melangsungkan sebuah permainan sepak bola yang jujur dan adil sehingga tidak ada lagi wasit yang dipukul atau para pemain dan kiper yang dikejar-kejar penonton.

Sayangnya, bola CTRUS tidak bisa mengurangi masalah kereta api yang dirusak, mobil bahkan warung yang dihancurkan yang dilakukan oleh para penonton.

Sumber



0 komentar :