Jumat, 03 Juni 2011

Cerita Proses Pembuatan Tahu

Pabrik tahu merupakan industri makanan yang tak bisa di pandang sebelah mata karena kebutuhan masyarakat akan tahu tiap hari makin meningkat dan banyak macam olahan tahu yang di jual pasaran sebagai makanan kudapan atau campuran bahan makanan, berikut ini akan di jelaskan tahap pembuatan tahu untuk anda:

  1. Kedelai ditampi untuk dipilih biji yang besar.
  2. setelah itu Kedelai dicuci, lalu direndam dalam air besar selama 6 jam.
  3. kemudian Kedelai dicuci lagi selama 1/2 jam.
  4. Kedelai dibagi-bagi dan diletakkan di dalam ebleg, yang terbuat dari bambu atau plastik.
  5. Kedelai digiling sampai halus, dan butir kedelai mengalir ke dalam tong penampung.
  6. Butir kedelai langsung direbus sampai mendidih di dalam wajan berukuran besar.
  7. Bubur kedelai lalu dipindahkan dari wajan ke bak atau tong untuk disaring dengan kain belacu atau kain mori kasar yang telah diletakkan pada sangkar bambu. Agar semua sari dalam bubur kedelai tersaring semua, pada kain itu diletakkan sebuah papan kayu dan seseorang naik di atasnya dan menggoyang-goyangnya. Limbah penyaringan, yang disebut ampas tahu, diperas lagi dengan menyiram air dingin, sampai tidak mengandung sari lagi. Penyaringan dilakukan berkali-kali hingga bubur kedelai habis.
  8. Air saringan yang tertampung dalam tong warna kuning atau putih dicampur dengan asam cuka agar menggumpal. Selain asam cuka, dapat juga ditambahkan air kelapa, atau cairan whey (air sari tahu bila tahu telah menggumpal) yang telah dieramkan, atau bubuk batu tahu (sulfat kapur).
  9. Air asam dipisahkan dari gumpalan atau jonjot putih dan disimpan, sebab masih dapat digunakan lagi. Gumpalan atau jonjot tahu yang mulai mengendap dituangkan dalam kotak berukuran misalnya 50 x 60 cm2 dan dialasikain belacu. Adonan tahu kotak dikempa selama satu menit, sehingga air yang masih tercampur dalam adonan tahu itu terperas habis.

Adonan tahu berbentuk kotak yang sudah padat dipotong-potong, misalnya dengan ukuran 6 x 4 cm2. Tahu pun siap dijual. Demikian prosesnya semoga menambah pengetahuan anda.

0 komentar :