Jumat, 22 Mei 2015

Begini Caranya Membedakan Plastik Kemasan Botol Oli Palsu



Plastik Kemasan – Nah pasti sebagian besar dari anda pernah mendengar atau melihat yang namanya Oli bukan? Oli sendiri merupakan salah satu bahan cair yang biasa di gunakan untuk melumasi bagian-bagian yang bergerak pada mesin. Tujuan di berikan pelumasan agar dapat mereduksi friksi pada bagian mesin yang satu dengan bagian mesin yang lain, sehingga parts mesin akan tetap terjaga keawetannya dan lebih tahan panas di karenakan part tersebut akan terendam oleh cairan oli. Nah akhir-akhir ini banyak sekali lho penipuan mengatas namakan oli motor, jadi oli yang sekarang banyak beredar merupakan oli dengan kandungan oplos alias campuran oli palsu. Jika sudah begini pastinya anda kan yang di rugikan!, sebenarnya ada cara mudah untuk membedakan mana oli yang asli dengan oli yang aspal, yakni dengan meneliti lebih jelas plastik kemasan botol yang di gunakannya. Oke berikut ini ada tips bagaimana membedakan oli palsu dan asli dari kemasannya.

 
1. Gambar diatas dalah beberapa produk oli dipasaran, (maaf tidak bisa menampilkan semua produk, karena olie relatif sama antar produk yang satu dengan yang lain. Anda mungkin pernah membaca pemalsuanterbesar dari olie biasanya adalah dengan mengumpulkan botol bekas oli lalu mendaur ulang dan diberi tutup yang baru. Nah di bawah ini adalah titik titik huruf pengamanan oli yang telah dibuat pabrik untuk mencover pemalsuan oli.
2. Pada Gambar 2 adalah tutup oli merk Evalube pada gambar ada huruf cetak pada tutup dan pada badan oli. untuk yang asli huruf dan angka harus sejajar dan sama. karena itu dicetak bersamaan.
3. Demikian juga dengan oli merk enduro Pertamina. Juga sama pada tutup dan badannya harus sama hurufnya.
4. Sedang pada Olie Castrol Power 1, Silahkan anda amati Stiker pada kemasannya disana ada kode huruf yang menabrak pada stiker dan badan kemasan olie, (huruf tulisan hitam diatas Tulisan Castrol) Tulisan huruf itu tidak boleh terputus. Sedang pada tutupnya (gambar disampingnya) ada tulisan Castrol.
5. Sedangkan untuk Olie Top1 silahkan anda periksa tulisan dan kode pada  kaleng tutup atas dan bawah kodenya harus sama.
6. Adalah gambar untuk olie Federal Supreme, sama statusnya dengan oli Evalube dan olie Produk Pertamina, (simbul dan anngka ada di tutup dan badan Oli)

Nah sekarang sudah cukup tercerahkan bukan dengan penjelasan di atas, yang pasti apabila anda membeli sebuah oli dari bengkel-bengkel pinggir jalan yang notabenya menjual harga oli tersebut jauh lebih murah dari yang ada di toko, maka 50% bisa di pastikan oli tersebut adalah aspal. So cek dulu Plastik Kemasan botol olinya ya


0 komentar :