Senin, 09 April 2018

Cara Membuat Batagor Jajanan Yang Bikin Ketagihan


Cara Membuat Batagor
Cara Membuat Batagor - batagor merupakan jajanan enak khas bandung yang sudah terkenal. Cara buat batagor kini telah di pelajari oleh banyak orang. Batagor yang gurih rasanya akan terasa lebih nikmat bila dicampur dengan bumbu kacang. 


Resep batagor bandung bikin ketagihan pengen lagi. Adonan batagor ditempelkan tahu kemudian digoreng hingga matang kemudian potong-potong batagor tahunya lalu sirami dengan sambal kacang. Hidangan asal bandung ini memang bikin ketagihan karena rata rata semua orang menyukainya karena rasanya yang lezat. Nikmatnya batagor bercampur tahu cina yang teksturnya lembut, disiram dengan sambal kacang yang gurih, pedas, bikin nagih lezatnya.

Batagor memang adonan bakso tahu yang digoreng dan disiram dengan bumbu kacang, tentunya akan lebih enak lagi bila diabuat resep batagor ikan. jajanan ini dahulu biasa dijual disekolah, saya mengenalnya ketika sekolah SD rasanya Enak seperti somay namun ada sensasi kriuknya yang beda. Batagor ialah makanan khas kota bandung yang mengadaptasi gaya Tionghoa-Indonesia dan kini sudah dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia.

jarah Batagor
Berawal dari seorang pemuda bernama Isan asal purwokerto yang mengadu nasib dikota Bandung yang memulai usaha jualan baso keliling. tahun demi tahun dilakoni hingga suatu ketika dagangannya tersebut tidak habis, bila dibuang tentunya sangat berat rasanya hingga isan berfikir praktis saja digorenglah bakso tahu kukus tersebut lalu dibagikan pada tetangga dekat sekitar kontrakannya dan isan melakukan hal tersebut tiap kali dagangannya tidak habis terus menerus hingga bertahun-tahun. Sikap kedermawanan Isan kepada tetangga kian dikenal, dan rupanya para tetangga sudah mulai ketagihan oleh baso gorengnya. Maka ketika dagangan baso kukusnya laris, teman dan para tetangganya kerap menanyakan baso tahu goreng yang biasanya ia bagi-bagikan itu.

Hingga suatu hari bahkan di antara mereka bermaksud membeli karena tidak mau lagi mendapatkan gratisan. Sejak itu pula Isan atau pun para tetangga menyebut baso tahu goreng bikinan Isan itu dengan nama “batagor.”

Tahun 1968 memutuskan untuk mulai merintis menjual baso tahu kukus yang digoreng. Setelah beberapa lama usaha rintisannya itu berjalan, pembeli dan pelanggannya ternyata kian berkembang, Isan mulai merasa kerepotan dalam hal proses dua tahap yaitu membuat terlebih dahulu baso tahu kukus baru kemudian menggorengnya. Isan melakukan percobaan dan kemudian mengubah cara, yaitu dengan mematangkan tanpa dikukus terlebih dahulu, melainkan dari adonan mentahnya langsung digoreng. Metode atau teknik inilah yang kemudian menjadi acuan umum pembuatan batagor.

Usaha Isan pun kian berkembang, tak hanya masyarakat sekitar bahkan orang-orang dari daerah yang berjauhan pun mulai berdatangan untuk menikmati batagornya. Mulai pada tahun 1985 warung di tempat kontrakannya dirasakan tak memadai lagi untuk bisa menampung pelanggan, Isan kemudian pindah ke jalan Bojongloa No. 38 yaitu ke sebuah rumah yang relatif lebih luas.

Usaha Isan pun kian berkembang, tak hanya masyarakat sekitar bahkan orang-orang dari daerah yang berjauhan pun mulai berdatangan untuk menikmati batagornya. Mulai pada tahun 1985 warung di tempat kontrakannya dirasakan tak memadai lagi untuk bisa menampung pelanggan, Isan kemudian pindah ke jalan Bojongloa No. 38 yaitu ke sebuah rumah yang relatif lebih luas.

Usaha batagor Isan kian berkembang, dari hasil dagangnya antara lain ia berkesempatan dua kali ke tanah suci yaitu pada tahun 1991 dan 2003. Sepulang dari ibadah haji, merk dagangnya yang semula Batagor Isan diubah menjadi Batagor H. Isan, seperti yang kita kenal sekarang. H. Isan wafat pada tahun 2010 dalam usia 79 tahun, usaha dagannya diserahkan kepada salah satu keponakannya yaitu H. Suwarto karena H. Isan tidak memiliki anak kandung.

Resep Batagor Ikan Tengiri



Bahan Yang Digunakan:
2 buah tahu putih
1/2 gelas air hangat
300 gr ikan tengiri
200 gr tepung tapioka
150 gr tepung terigu
5 siung bawang putih halus
1 sdm gula
2 ikat daun bawang
1 bks kulit pangsit
1 sdt merica bubuk
1 butir telur
1/2 sdm garam

Proses Membuatnya:
Suwir-suwir/ ulek kasar ikan tengiri yang sudah dikukus
Campurkan suwiran ikan tengiri, tahu, tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih halus, kocokan telur, daun bawang, gula, garam, merica bubuk
Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit, aduk adonan hingga kalis
Masukkan ke dalam kulit pangsit, bentuk sesuai keinginan
Goreng hingga kuning kecoklatan
Batagor ikan tengiri ready to serve now dengan saus kacang dan acar

Demikian pembahasannya tentang cara membuat batagor dan resep batagor ikan tengiri jajanan khas kota bandung serta sejarahnya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.








 

0 komentar :