Jumat, 25 Januari 2013

Antisipasi Mobil Hadapi Musim Hujan

Cuaca yang tidak bersahabat saat musim hujan seperti ini memang kerap kali menghantui banyak orang oleh karena itu kita harus siap sedia menghadapi musim hujan yang tak menentu terutama untuk kendaraan anda, Agar perjalanan aman dan lancar pastikan kondisi mobil siap menghadapi derasnya aliran air hujan, jalanan basah, genangan air atau banjir, dan mati lampu. Semua kondisi tersebut memang biasa terjadi di saat musim hujan, berikut ada beberapa tips untuk anda menghadapi musim hujan untuk kendaraan mobil:

1. Periksa semua karet-karet yang ada di mobil.
* Periksa karet wiper (penghapus kaca) baik yang ada di depan maupun yang di belakang apakah kondisi nya masih layak, getas, atau malah perlu diganti dengan yang baru. Perhatikan juga apakah wiper bekerja dengan baik.
* Periksa ban mulai dari tekanan angin yang sesuai sampai kembangan ban. Ketebalan kembangan ban yang kurang dari 1,5 mm berbahaya untuk digunakan di musim hujan.
* Periksa juga karet – karet di pintu, jendela, bagasi pastikan masih baik dan tidak getas sehingga terhindar dari rembesan air hujan yang dapat masuk mengalir lewat celah pintu dan jendela.

2. Periksa air pembersih kaca
* Periksa saluran air pembersih kaca dan lubang nya dari kemungkinan mampet. Jika saluran air pembersih kaca mampet maka lepaslah slang air dari pompa lalu tiup dengan compressor angin sampai seluruh kotoran keluar. Untuk lubang penyemprot yang mampet dapat dibersihkan dengan jarum kecil.
* Perhatikan selalu volume air pembersih kaca dalam tabung dan pastikan selalu terisi sesuai jumlah yang memadai. Ingat ! Air pembersih kaca jangan sampai dibiarkan kosong karena malah akan merusak pompanya.
* Anda bisa juga menggunakan cairan pelicin kaca yang bisa membuat air hujan langsung turun seperti air di daun talas dan cairan pencegah embun supaya kaca tidak buram.

3. Periksa kelistrikan dan lampu-lampu.
* Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik dan sesuaikan arah setelan sorot lampunya agar berfungsi dengan maksimal.
* Periksa kelistrikan mobil seperti aki, alternator dan yang berhubungan untuk memastikan semuanya dalam kondisi prima agar jangan sampai Anda mogok saat Anda berkendara di tengah hujan deras.

4. Lindungi system pengapian
* Untuk berjaga – jaga dari kemungkinan terkena air hujan sebaiknya lindungi system pengapian meliputi kabel busi, koil dan distributor . Pastikan semua rongga tersekat dengan rapi agar air tak menerobos masuk, jika perlu manfaatkan sealer.

Demikian tipsnya untuk kendaraan mobil anda dalam menghadapi musim hujan, semoga bermanfaat untuk anda, temukan info menarik tentang sewa mobil jakarta barat



Temukan artikel terkait:  Tips Menyetir Mobil Saat Hujan

0 komentar :