Jumat, 13 Januari 2012

Tips Mengendarai Motor ATV (All Terrain Vehicle)


Distributor Kendaraan ATV - All Terrain Vehicle atau ATV, merupakan kendaraan yang secara fisik masuk dalam kategori motor, karena posisi mengemudi dan menggunakan stang, walaupun dilengkapi dengan 4 roda. ATV saat ini sudah menjadi mainan, ini bisa dilihat banyaknya tempat wisata yang menyewakan kendaraan untuk menikmati liburan berwisata.

http://media2.id.88db.com/DB88UploadFiles/2012/01/04/EE09C0F2-A5CC-4F95-81B9-512CC9EE4773.jpg

Meskipun rodanya empat dan kelihatan mudah untuk dikendarai, Namun kita harus tahu teknik dan cara mengendarai, salah cara mengendarai bisa menyebabkan terjatuh. Nah, agar aman dan nyaman dalam mengendalikan kendaraan ATV, ada beberapa teknik yang perlu dipelajari:

- Sebelum mengendarai ATV, ada baiknya menggunakan helm, sepatu boot, sarung tangan dan kaos lengan panjang, Selain medan yang akan dilalui cukup menantang atau off road seperti melalui jalur hutan atau semak belukar juga untuk keamanan dan keselamatan.

- Jangan lupa untuk pemanasan sebelum mengendarai ATV, sama seperti olahraga lainnya, pemasan wajib dilakukan untuk menghindari resiko cedera.

- Pada saat duduk di atas motor, lutut menempel pada bagaian tangki, dan posisi badan bahu rileks dengan siku sedikit menekuk. Hal ini agar untuk meningkatkan refelk gerak pada saat berkendara ATV.

- Hindari menurunkan kaki saat hilang keseimbangan, karena bisa berakibat kaki tergerus oleh roda.

- Agar lebih paham dengan ATV, ada baiknya sebelum berpetualangan dengan APV, kenali dulu karakternya, sepert gas, rem, dan cara cara pengoperasiannya. Gas pada ATV berbeda dengan motor, gas ATV hanya dengan menggunakan tuas, cara pengoperasiannya mirip tuas perpindahan gigi pada sepeda gunung, dengan jara ditekan dengan ibu jari.

- Teknik saat menikung radius putar yang lebar adalah bahu harus condong sesuai arah belokan, aabila belok ke kiri, bahu condong ke kiri, hal ini bertujuan untuk mencegah roda di bagian dalam terangkat karena efek gaya sentrifugal. Pandangan juga mengarah kea rah belokan.

- Untuk belokan dengan sudut tajam, badan lebih condong lagi ke arah belokan, sehingga berat badan bertumpu pada kaki bagian dalam arah belok. Bukan hanya bahu, namun badan ikut "dibuang" kearah dalam belokan.

Semoga dengan teknik-teknik dasar mengendarai ATV ini Anda bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

Info Terkait: Distributor Kendaraan ATV

0 komentar :