Rabu, 12 September 2012

Perawatan Monitor Komputer




Monitor adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah unit komputer yang fungsinya untuk menampilkan setiap informasi yang dihasilkan oleh CPU, keberadaan monitor sangat menentukan komputer tersebut layak digunakan atau tidak, dari informasi tampilan tersebut kita jadi tau apa yang terjadi pada CPU tersebut oleh karena itu monitor butuh perawatan yang baik berikut ini ada beberapa tips perawatan monitor:

Pertama, Tidak dibenarkan menutup dengan kain, plastik pada ventilasi udara monitor ini dikarenakan monitor merupakan alat elektronik yang juga menghasilkan panas, jadi panas yang dihasil akibat proses kerja sebuah monitor harus dibuang atau dikeluarkan melalui lobang ventilasi udara, sehingga ventilasi udara ini tidak boleh ditutup selama kita menggunakan monitor tersebut.
Bila ingin menutup monitor agar terhindar dari debu sebaiknya dilakukan setelah pekerjaan selesai dan monitor sedang tidak digunakan (mati).

Kedua, hindari meletakkan benda cair di atas monitor karena benda cair merupakan penghantar listrik yang baik sehingga apabila benda cair tersebut tumpah ke dalam monitor menyebabkan adanya hubungan pendek yang berakibat pada rusaknya komponen elektornik di dalam monitor.

Ketiga, Bersihkan selalu debu-debu yang melekat pada bagian luar monitor sesering mungkin agar mengurangi masuknya debu ke dalam monitor. Debu juga memiliki sat besi yang juga penghantar jadi debu juga bisa menyebabkan hubungan pendek pada rangkain elektronik monitor.

Keempat, gunakan stabiliser (stavolt) yang baik dan memiliki penggerak motor untuk menghindari naik turunnya tegangan listrik agar perubahan tegangan listrik tidak berpengaruh langsung terjadap komponen elektornik yang ada di dalam monitor.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda dalam meraawat monitor komputer anda, temukan info menarik tentang dvd player portable walmart

0 komentar :