Rabu, 03 April 2013

Cara Mengatasi Kutu Air Secara Alami


Tanaman Obat - Kutu air memang membuat kita merasa tersiksa apalagi rasa gatalnya.  Kutu air merupakan serangan jamur yang menyerang kulit yang terletak di antara jari kaki. Bagian yang terinfeksi ini menjadi terkelupas, merah, dan gatal.

Kutu air juga bisa mempengaruhi kuku sehingga membuatnya menjadi rapuh dan mudah patah. Kebiasaan mengenakan kaus kaki lembab atau kaki yang sering terkena air membuat kulit rentan mengalami kutu air.

Selain obat-obatan kimia, kita juga bisa menggunakan berbagai obat-obatan alami yang bisa ditemukan dengan mudah. Berikut obat kutu air yang bisa digunakan:


http://3.bp.blogspot.com/_EZSbrJdjHpc/SQSAeYvPt2I/AAAAAAAAAig/nxVduYrl_ic/s320/151433p.jpg

- Air garam
Salah satu cara paling sederhana menyembuhkan kutu air yaitu dengan menggunakan larutan air garam. Larutan air garam hangat dikenal memiliki sifat anti jamur. Campur 2 sendok teh garam dalam baskom berisi air hangat dan rendam kaki selama 10 -15 menit setiap hari.

-  Minyak kelapa
Minyak kelapa sangat efektif untuk membersihkan jamur. Minyak kelapa memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan jamur sehingga ideal digunakan untuk menyembuhkan kutu air. Asam laurat merupakan komponen penting minyak kelapa yang memiliki sifat anti jamur dan anti inflamasi. Selain menjadi agen anti jamur yang baik, minyak kelapa juga efektif melembabkan kulit. Oleskan minyak kelapa ke daerah yang terkena kutu air, dan biarkan bahan aktifnya melawan kutu air.

- Tea tree oil (minyak pohon teh)
Herbal lain yang berkhasiat meredakan kutu air adalah tea tree oil. Oleskan minyak herbal ini ke daerah yang mengalami infeksi untuk membunuh mikroba serta mempercepat penyembuhan kutu air. Meskipun mungkin tidak sepenuhnya menyembuhkan kutu air, tea tree oil efektif untuk meningkatkan penampilan kulit.

- Cuka apel
Jamur pada kaki akan menyebabkan pH kulit menyimpang dari batas normal. Mengembalikan nilai pH pada kulit merupakan salah satu cara membebaskan kulit dari serangan jamur kutu air. Cuka apel merupakan salah satu bahan alami yang dikenal mampu membantu mengatur pH kulit. Buat larutan cuka apel dan air dengan perbandingan satu banding satu. Rendam kaki yang terkena kutu air dalam larutan tersebut selama minimal 20-25 menit setiap hari.


- Teh
Panaskan sekitar 1,5 liter air sampai mendidih. Masukkan 6 kantong teh celup ke dalam air panas. Biarkan air menjadi dingin, kemudian rendam kaki yang terinfeksi selama setengah jam setiap hari. Teh mengandung asam tannic yang tidak hanya menghancurkan jamur tetapi juga membantu mengurangi rasa gatal akibat kutu air.

Semoga bermanfaat ya :)

Info: Tanaman Obat

0 komentar :