Jumat, 15 Februari 2013

Cara Mengatur Keuangan

Kebutuhan dalam sebulan terkadang memang naik turun dan anda harus pandai mengatur keuangan anda dalam waktu sebulan sampai anda gajian lagi, keuangan memang perlu di manage dengan baik agar cukup sampai sebulan apapun yang akan anda hadapi, berikut ada beberapa tips dalam mengatur keuangan anda:

1. Jangan terlalu sering pergi
Anda mungkin akan terkejut ketika tahu berapa uang yang telah Anda habiskan ketika hang out. Jadi, batasi acara jalan-jalan Anda keluar, semisal sekali seminggu.

2. Memotong kebutuhan yang tidak perlu
Periksa semua tagihan yang Anda dapatkan setiap bulan. Adakah kebutuhan yang tidak terlalu penting? Misalnya, Anda memasang WiFi di rumah dan ternyata jarang menggunakannya. Maka, sebaiknya berhenti berlangganan dan simpan uang Anda untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

3. Membuka rekening tabungan
Salah satu cara terbaik untuk mengatur uang adalah dengan membuka rekening tabungan. Kemudian Anda bisa menyisihkan sedikit uang dari gaji bulanan untuk ditabung ke bank.

4. Menghindari pembelian kecil
Hindari pembelian barang-barang kecil yang sebetulnya tidak Anda butuhkan, seperti membeli camilan, ngopi, dan tetek bengek lainnya. Ini mungkin sulit pada awalnya, tetapi Anda harus bersabar.

5. Berpikir sebelum membeli
Sebelum membeli suatu barang, tanyakan ini pada diri Anda "Apakah saya benar-benar membutuhkannya?". Atau jika tidak, ulangi pertanyaan ini "Mampukah saya membelinya sekarang?" Berpikirlah sebelum Anda membeli sebuah barang.

6. Meninggalkan kartu kredit di rumah
Meninggalkan kartu kredit di rumah adalah cara paling bijaksana untuk menghemat pengeluaran. Bawalah kartu kredit ketika itu memang dibutuhkan. Jika tidak, biarkan saja itu tersimpan dengan aman di rumah.

7. Mencari diskon
Ini tips terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menghemat keuangan. Ketika berbelanja, pastikan Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk menunggu diskon. Biasanya, bulan-bulan tertentu, seperti tahun baru dan hari raya besar, memberikan banyak penawaran sale dengan harga cukup miring. Lumayan!

Anda harus lebih pintar dalam mengatur keuangan, jika ingin berhemat. Demikian tipsnya dalam mengatur keuangan anda agar uang yang anda miliki tidak kocar-kacir untuk keperluan yang tidak jelas semoga bermanfaat untuk anda, temukan info menarik tentang Jasa Keuangan



Temukan artikel terkait:  Tips Menginvestasikan Uang

0 komentar :