Kamis, 21 Februari 2013

Makanan Gizi Seimbang Untuk Anak

Anak kecil memang perlu makan makanan yang cukup gizi karena masa masa tersebut adalah masa masa pertunbuhan jadi perlu asupan gizi yang seimbang dan tidak boleh sembarangan berikut ada tips memberikan makanan gizi seimbang untuk si kecil:

1. Berikan anak aneka ragam makanan untuk menjamin kelengkapan gizi yang dibutuhkan.
2. Berikan makanan yang memenuhi kecukupan energi untuk menunjang aktifitasnya sehari-hari.
3. Pilihlah makanan berkadar lemak sedang dan rendah lemak jenuh. Lemak dan minyak yang terdapat di dalam makanan berguna untuk meningkatkan jumlah energi, membantu penyerapan vitamin-vitamin A, D, E, dan K , serta menambah lezatnya hidangan.
4. Gunakan garam beryodium, karena sangat bermanfaat untuk menghindari penyakit gondok, kretin dan menjaga kecerdasan anak.
5. Berikan makanan yang kaya zat besi, untuk mencegah anak menderita kurang darah/anemia gizi.
6. Berikan ASI saja kepada bayi sampai umur 4 bulan dan tambahkan makanan pendamping ASI sesudahnya.
7. Biasakan anak untuk makan pagi, karena bermanfaat untuk memelihara ketahanan fisik dan daya tahan tubuhnya.
8. Minumlah air bersih, aman yang cukup jumlahnya.
9. Ajak anak untuk melakukan aktifitas secra teratur, karena dapat meningkatkan kebugaran, mencegah kelebihan berat badan, serta meningkatkan fungsi jantung, paru dan otot.
10. Berikan anak makanan yang aman bagi kesehatan. Makanan yang aman adalah makanan yang bebas dari kuman dan bahan kimia berbahaya.
11. Bacalah lebel pada makanan yang dikemas. Semua keterangan rinci pada label makanan yang dikemas sangat membantu Anda saat memilih dan menggunakan makanan tersebut, sesuai kebutuhan gizi dan keadaan kesehtan buah hati Anda.

Demikian tipsnya dalam memberikan makanan dengan gizi seimbang untuk anak semoga bermanfaat untuk anda, temukan info menarik tentang Catering



Temukan artikel terkait:  Tips Pilih Makanan & Minuman Untuk Diet

0 komentar :